Minggu, 05 Agustus 2012

pengalaman memelihara burung hantu

buat yang baru pertama kali punya burung hantu, atau ingin membeli sebuah burung hantu sebaiknya baca blog ini dulu sampe selesai. disini saya akan membahas cara memelihara burung hantu berdasarkan pengalaman saya sendiri. dari dulu saya suka banget sama burung hantu, entah karena hwan itu lucu atau unik tapi kayanya burung hantu yang aktif pada malam hari ini dirasa hewan peliharaan yang sangat pas dipelihara oleh saya yang mempunyai insomnia akut. seengganya ada temen saat saya insomnia. sebenernya saya sudah 3 kali memelihara burung hantu, tapi burung hantu pertama saat beli di kaskus sehari langsung mati. mungkin karena keadaan burung hantunya yang stress dan saya masih newbie buat melihara burung hantu. dan saat itu saya beli burung hantu yang umurnya sudah juve menuju dewasa, kira kira umur 8bulanan. ya seharusnya kalo mau melihara burung hantu, mending dari umur 2-3 bulanan yang bulunya masih bulu kapas dan belum bisa terbang. jadi kondisi saat umur segitu biasanya ga gampang stres dan gampang buat dilatih. jadi dia ngerasa kita sebagai ibunya jadi gampang buat dijinakin. waktu itu saya punya 2 burung hantu, yang satu namanya oxy, saat saya sedang di pasar burung bandung, saya sudah jatuh cinta pada pandangan pertama sama oxy karena bener bener lucu dan sangat hyper aktif. ini OXY


burung hantu ke-2 saya namanya cello. ini pemberian dari temen saya, dia ngasih burung hantu ini soalnya aura burung hantu ini sama aura dia bertolak belakang, mungkin karena dia indigo jadi tiap dia dekat sama burung hantunya, cello suka ngamuk dan ngepakin sayap gitu. kalo masalah ini sih saya kurang ngerti, kalo menurut saya sih, kelakuan hewan peliharaan juga gimana majikannya ngerawatnya. nah ini foto cello 


sebenernya pengen dikasih nama deoxy, biar pas gitu sama nama oxy. cuman saat dikasih temen udah dinamain cello. tapi namanya pas juga kalo digabungin jadi oxcell haha..

awalnya pas cuman melihara oxy ga terlalu ribet sih, cuman harus terbiasa tiap tengah malem suka berisik, makanya tiap tengah malem burung hantu saya ga pernah di kandangin, dan dibiarin main main di kamar saya. lagian oxy tuh udah nurut banget, dilatihnya pun ga susah, pokonya udah one heart banget.
tapi pas kehadiran cello jadi lebih cape ngurusnya sih. selain dari kebutuhan makanan jadi ningkat dan semakin banyak pengeluaran, meski makannya cuman jangkrik tapi sehari habis Rp. 3000.
apalagi cello emang galak dan liar banget, apalagi kalo di deketin emang suka ngepak gitu sayapnya. beda sama oxy. tapi lama lama cello nurut juga sih dan lambat laun bisa dilatih. mungkin berkat oxy juga ya yang selalu nemenin cello. kemana mana suka berdua. kalo oxy terbang kesini, pasti cello ngikutin oxy.
ini ada beberapa taraining video burung hantu



19 komentar:

  1. gan cara peliharanya gimana? ane newbie nih melihara burung hantu, mohon bimbingannya ya :D

    BalasHapus
  2. ga terlalu susah ko gan, cuman buat newbie ebih baik milih burung hantu celepuk dulu aja, sering dilatih pake JTTF FTF gitu gan kaya di video. prosesnya aga lama dan harus sabar tapi kalo udah bisa JTTF, FTF dll. agan pasti bakal lebih sayang deh sama burung hantu agan, karena makin nurut dan kalo burung hantu saya dari awal beli gapernah dikandangin

    BalasHapus
  3. gimana nih burung hantuku cerewet terus,,, apa laper ya??
    tapi udah dikasih makan sampe yg ngasih makan kenyang,,,
    gimaa caranya biar burung hantuku pada diem??

    BalasHapus
  4. good , www.burungzoo.com thanks info nya

    BalasHapus
  5. aku punya burung hantu, nemu didepan rumah, gatau cara ngrawat yang bener, uda rada gede burungnya.. tp tak taruh kandang, mending dilepas gitu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan kalo gatau cara ngerawat mending lepas aja, soalnya kalo salah rawat burung hantu gampang mati.

      Hapus
  6. @kartika: kalo burhannya masih kecil wajar ko kalo berisik, kalo karena kelaparan paling juga pengen maen maen sama majikannya. Sering latih dan temenin terus biar jinak.

    BalasHapus
  7. @gara : sama sama gan semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  8. Mau tanya gan, gimana cara ngerawat bayi owl yang baik gan? saya nemu bayi owl didepan kosan. mau dilepas juga kasihan gan, mending dipelihara. mohon bantuannya gan. thanks

    BalasHapus
  9. burung hantu emang tajem2 ya kukunya? saya nemu burung hantu gan. dan saya seneng sama dia. saya rawat tapi susah minta ampun. saya masih bingung makanan yang bener buat si doi apa sih? saya kasih ini itu ga mau. makanya kalo makan suruh nyari sendiri aja .. saya takut gan sama si doi. gigit mulu.. apa kudu saya lem tuh platuknya biar ga gigit terus ;( .. info ya gan..

    BalasHapus
  10. bang kalo miara burung hantu, d kasih tempat apa ya ??

    BalasHapus
  11. trus klo ga dikandangin.. eek'nya gimana tu gan??

    BalasHapus
  12. gan, jangan lupa untuk mengembangbiakkan, biar ga terputus siklusnya, jangan karena kita rawat haknya berkembang biak terpasung, lama-lama punah dong....

    BalasHapus
  13. kok bisa sampe lulut gitu gmana caranya gan??

    BalasHapus
  14. gimana ya cara ngejinakin nya? setiap mau di pegang selalu di patok, tapi engga ada masalahkan klo megang nya pake sarung tangan,dan klo ngasih makan nya engga langsung tolong dong bantuan nya

    BalasHapus
  15. gan ane punya burung hantu juve kisaran 3 bulan cewe cowo tapi kok yg cowo awal saya beli sensitif yaa gimana caranya biar gak sensitif yg cowonya

    BalasHapus
  16. salam kenal
    gan ane punya celepuk dan sudah bisa jttf dan ftf,tapi tadi malam celepuk nangkring di tempat bak mandi mungkin terlalu lama karena kegubet leashnya disitu kali kedinginan .....pagi jam 6 mau tak kasih makan dengan ftf ...mau tapi enggak tepat nangkring ke glove terpaksa tangan saya yg nepati kemudian saya suruh balik ke tangkringan juga enggak bisa tepat/meleset .... dan kayaknya sekarang malah enggakmau makan, di sodori aja cuma di cuekin .....pertanyaan kena apa dan bagaimana cara menanganinya ya ...mohon pencerahan dan masukannya ....terima kasih

    BalasHapus
  17. @Unknown: berdasarkan pengalaman ane nihh.. pertolongan pertama beri kehangatan gan, di slimutin anduk atau kain bekas, kalo dikandangin pake lampu bisa gan.. kalo ngga mau makan coba dikasih alternatif lain biar ada asupan gizinya. kalo burung hantu ane sih dikasih susu. hahahaha..:D caranya pake sedotan truss buka mulutnya, dituang pelan" susunya pake sedotan tadi. banyaknya agan kira" aja, inget jngan terlalu banyak juga ngasihnya ntar gumoohh.. hahahahaha..-____-
    lama-lama juga normal lagi gan.. hehehe..:)

    BalasHapus
  18. Bro aku pny celepuk usia udah juve udh bs terbang, dia susah d latih ni tiap aku latih dia slalu malas kadang2 malah terbang.
    Tolong bantuannya

    BalasHapus